Dedicated For Safety Driving

Topik obrolan di radio yang saya dengarkan adalah seputar Safety Driving..dan bukan Safety Riding seperti yang disampaikan oleh si penyiar..Memangnya orang2x di Bandung Riding a Horse Car kemana-mana?!!;p

Lalu saya ingat kalau hari ini mobil (orangtua) saya aneh,,,

Setiap hari saya mengendarai mobil ini melewati jalan berlubang (yang tak sengaja saya terobos tentunya), dan jalan bergelombang (yang kini sudah bukan rahasia lagi di kota bandung tercinta, dan juga bukan merupakan pilihan untuk dilewati setiap hari dalam beraktivitas)

Straight to the topic,,

Yah, setiap hari selama tiga minggu terakhir saya melewati rute yang sama, dan setiap hari juga saya mengendarai mobil yang sama,,tapi anehnya, baru dua hari belakangan ini sering terdengar bunyi klotok klotok dari arah belakang mobil, saya tidak tau pasti darimana bunyi-bunyi itu berasal, yang pasti itu bukan bunyi mobil normal yang sudah (lumayan) saya hafal betul,,dan bunyinya terdengar setiap kali melewati jalan berlubang..KLOTOK KLOTOK,,KLOTOK,,!!!

“Iiiiihh,,,, bunyi apaan si tuh??”

Saya jadi paranoid,,masalahnya, dulu saya pernah mengalami hal yang hampir serupa, tapi saya lupa bunyi tepatnya seperti apa karna kejadian itu terjadi beberapa tahun yang lalu saat saya mengendarai mobil yang berbeda,,

Menurut ingatan saya, bunyinya hampir mirip,,dan dulu bunyi itu berasal dari salah satu spare part mobil yang kata kakak saya-yang basicnya Teknik Mesin- yang namanya Ball Joint ato Tie Rod ato Shock Absorber (alias sok breker) ato apapunlah namanya,,*saya lupa..Intinya itu adalah salah satu bagian kaki-kaki mobil,,saya sendiri tidak hafal bentuknya seperti apa, tapi katanya kalau Ball Joint (ato apapun itu namanya) bermasalah, memang sering timbul suara aneh yang terdengar ketika mobil terguncang, ya misalnya saat melewati jalan berlubang,,dan FYI, Ball Joint bisa rusak gara-gara mobil terlalu sering melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi sehingga guncangan yang dihasilkannya pun parah..

Ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan Ball Joint / memperlama masa fungsinya, salah satunya ya dengan menghindari jalan berlubang,,,

Tapi masalahnya lagi, sekarang Bandung sudah jadi kawasan berlubang dan bergelombang,,kita tidak bisa lagi memilih untuk melangkahi atau menghindari lubang karena lubangnya itu kalau tidak besar dan menutupi selebar jalan, ya kecil-kecil tapi banyak dan menyebar di sepanjang jalan..Mau dilangkahi, tidak mungkin mengingat ukuran lubang dan lebar kaki mobil tidak fleksibel (andai saja mobil saya bisa seperti mobil ciptaan Lang Ling Lung yang bisa meninggi dan melebar kaki-kakinya dengan sistem hidrolik atau apapunlah namanya,,hehehe..)..Mau dihindari juga sulit mengingat jalanan ramai dan tidak mungkin kalau saya harus menyetir berkelok kelok menghindari lubang yang menyebar,,coba saja dilakukan, mungkin ciuman antar mobil bisa terjadi setiap detik..

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memperlambat laju mobil saat melalui jalan berlubang.,,Hey!lalu kapan saya bisa sampai ke tempat tujuan??Ingat,,lubang di jalan kota Bandung itu tidak sedikit, dan kita bisa menemuinya hampir di semua jalan yang kita lalui untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari..Ke arah pusat kota, lubangnya banyak, ke arah pinggiran kota, lubangnya lebih banyak lagi dan umumnya besar-besar karena jalannya sering dilalui truk-truk besar yang sering merusak jalan dengan muatannya yang melewati tonase yang diijinkan.

Dan herannya lagi, setiap hari saya melewati jalan by pass (FYI, saya tinggal di daerah Soekarno-Hatta, Bandung) dan jalan TOL yang menurut fungsinya seharusnya jalan itu diperuntukkan bagi kendaraan berkecepatan tinggi (batas kecepatan minimumnya saja 60 km/jam dan kecepatan maksimum yang tak terbatas tergantung cc mesin mobil dan skill menyetir,,hehehe..) dan tentunya bebas hambatan,,lalu apakah fasilitas jalan yang berlubang memenuhi syarat sebuah jalur cepat dan jalan bebas hambatan??Jalan TOL saja berlubang dan penuh tambalan??Tidakkah itu membahayakan?!

Lalu selama ini pajak mobil, tarif tol dan lain-lainnya yang saya orang tua saya bayarkan itu larinya kemana saja kalau fasilitas jalan saja tidak mengalami perbaikan selama bertahun-tahun ini??Bukankah tarif tol juga dibayarkan untuk jasa perawatan jalan??(Setau saya sih begitu) Lalu untuk apa tarif TOL terus naik kalau kondisi jalannya tetap tidak layak??Apakah penyedia jasa jalan TOL siap untuk menutupi biaya perawatan mobil seluruh pelanggannya??Karena jalan yang tidak layak itu juga tentunya membuat lifetime si sparepart mobil menurun dan akhirnya biaya perawatan mobil pun meningkat. (Ya iyalah masa ya iya donk! Jelas2x Bismillah bukan Bismi donk!! ^_^)

Tapi setelah dipikir-pikir lagi, penyedia jasa jalan TOL dan para aparat bukan keparat membuat aturan kecepatan maksimum yang seringkali dilanggar oleh penggunanya (termasuk saya *guilty!), bukankah itu juga penyebab cepat menurunnya ”kesehatan” mobil?!

Lalu siapa yang bisa disalahkan??

Ah tapi tetap saja seharusnya jalan TOL itu mulus karna saya sudah bayar mahal setiap hari yang tentu bukan untuk membayar jasa jalan berlubang yang memperburuk kondisi mobil, CASE CLOSED! *membela diri mode : ON

Hhhh…semoga jalan-jalan di Bandung bisa segera diperbaiki..dan kini saya hanya bisa berdoa supaya bunyi klotok klotok itu bukan berasal dari Ball Joint seperti yang saya khawatirkan..semoga cuma berasal dari barang yang ada di bagasi mobil saja, karna saya takut si kaki mobil bisa saja patah di tengah jalan (naudzubillah)..jadi mungkin besok saat libur, mobilnya akan saya kosongkan dan dicek dulu ke bengkel..
Dan semoga kembali sehat..

Dibalik itu semua, saya tetap berharap jalan di kota Bandung bisa seperti jalan2x aspal di desa/kota kecil yang jalannya justru jauh lebih mulus..(menurut saya;p)

-Packing Service Office-
Friday, May 23rd 2008, 09:00 am

1 Comment

Filed under emotionally speak, Hari Ini

One response to “Dedicated For Safety Driving

  1. deetzy

    hahaha… bu, kamu masih inget aja si Lang Ling Lung…

    Aku baru inget nama itu lagi setelah baca postingan kamu inih…

    Ngomong-ngomong soal Lang Ling Lung, kerinduanku akan masa-masa kecil dulu sudah sedikit terobati lho bu… Aku nemu-in sebuah groups berisikan cergam pak janggut yang notabene kita baca itu semua waktu tk sampe sd… Memmang sih koleksi mereka belum lengkap, tapi cukuplah buat ngilain dahaga (hahaha… naon sih, emang kita di padang sahara!!!) akan masa-masa kecil dulu…

    Alamat groups-nya aku taro disinih boleh ya, bu!!!
    http://groups.yahoo.com/group/pakjanggut

    Ya sudah, itu sajah deh comment perdana dari ku yang jealous ngeliat blog kamu inih… Dadadaaa…

Leave a Reply

